Serangan Balik Bhayangkara FC Benamkan Persela Lamongan

By ommed


nusakini.com - Bhayangkara FC mengukuhkan posisi di puncak klasemen sementara Liga 1 2021/22 setelah meraih kemenangan 2-0 atas Persela Lamongan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (6/12) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-16.

Tambahan tiga angka ini membuat Bhayangkara FC mengumpulkan nilai 36, unggul lima poin dari Persib Bandung. Sedangkan Persela tetap berada di peringkat 15 dengan 13 poin.


Permainan terbuka diperagakan Bhayangkara FC dan Persela sejak menit awal. Persela terlebih dulu memberikan tekanan ke pertahanan Bhayangkara FC, dan sempat mendapatkan peluang melalu Riyatno Abiyoso di menit ketiga. Namun sepakan Abiyoso menyambut umpan Ivan Carlos masih bisa diamankan kiper.

Bhayangkara FC memberikan respons terhadap ancaman Persela. Kans untuk mengubah kedudukan diperoleh Adam Alis pada menit ke-15, tetapi tendangannya masih mengarah ke pelukan penjaga gawang Dwi Kuswanto.

Kubu tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan setelah sukses membuka keunggulan lebih dulu lewat serangan balik ketika laga berjalan setengah jam. Ezechiel menyodorkan bola ke Adam Alis, dan pemain bernomor punggung 18 ini memberikan umpan silang yang ditanduk Muhammad Hargianto untuk menjebol gawang Persela.

Persela yang mencoba menyamakan kedudukan justru kebobolan untuk kali kedua tiga menit menjelang babak pertama berakhir. Kesalahan pemain belakang Persela di area pertahanan Bhayangkara FC membuat The Guardian melakukan serangan balik cepat.


Ezheciel yang sukses mencuri bola memberikan si kulit bundar ke Adam Alis, dan gelandang Bhayangkara FC ini selanjutnya menyodorkannya ke TM Ichsan. Umpan silang Ichsan selanjutnya diselesaikan dengan sundulan Ezechiel yang membuat Dwi hanya terpana menyaksikan bola masuk ke dalam gawangnya.

Persela yang berusaha mengejar ketertinggalan dua gol di babak pertama langsung melakukan tekanan ke pertahanan Bhayangkara FC ketika paruh kedua dimulai. Namun mereka mengalami kesulitan menembus tembok belakang lawan.

Peluang untuk memperkecil ketertinggalan diperoleh Persela pada menit ke-54. Ivan Carlos berhasil menjauhi kejaran Jajang Mulyana, dan mendapat ruang tembak. Sayangnya, tendangan Carlos justru melenceng jauh dari sasaran.


Persela kembali mendapatkan peluang untuk mengubah papan skor di menit ke-63. Abiyoso sukses mengecoh beberapa pemain belakang Bhayangkara FC, tapi sepakannya dapat diamankan Awan Setho.

Selepas laga berjalan 75 menit, Bhayangkara FC mulai menurunkan tempo permainan, dan hanya berusaha mempertahankan keunggulan. Kendati demikian, peluang sempat diperoleh Bhayangkara FC di injury time, tapi sepakan Andik Vermansah yang berdiri bebas bisa dibendung Dwi.

Setelah itu, Persela mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Surya Maulana kepada Carlos. Tapi Carlos gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo, karena sepakannya dapat dipatahkan Awan Setho, sehingga skor 2-0 tidak mengalami perubahan. (gi/om)